Sabtu, 04 April 2009


Usulan Perbaikan Konfesi GBKP

Moderamen GBKP Tolong Penjelasan, masalah Tata Gereja tentang Konfesi GBKP atau Pengakuan Gereja GBKP. Mengapa begitu Berbeda Bunyi Tata Gereja Tahun 1995-2005 dan Tata Gereja Tahun 2005-2015 Tentang Konfesi atau Pengakuan Dasar GBKP.

Mohon Dibandingkan mana yang Terbaik Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP di
Tata Gereja tahun 1995-2005 atau di Tata Gereja Tahun 2005-2015

Tata Gereja GBKP Tahun 1995-2005 di Halaman 80-81
Pengakuan Dasar GBKP
Pasal 1
Tentang Alkitab

Berbunyi:
a. Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis dalam Perjanjian Lama dan Baru dan Oleh karena itu Alkitab adalah dasar Kehidupan Gereja dan Orang-orang Kristen

b.Yang menjadi inti kesaksian Alkitab adalah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat (Mat.1:21;Yoh.3:16;Yoh1:1-14).

C. Oleh Karena itu Alkitab adalah Firnan Allah, maka Alkitab adalah dasar Pengajaran, nasihat dan penuntun tingkah laku orang Kristen (2 Tim.3:16)

D. Alkitab harus dipahami secara menyeluruh dan oleh karena itu dalam memahami Alkitab seorang tidak boleh memisahkan satu bagian dengan bagian lain (Mat.5:17-20)

E. Hanya Pertolongan Kuasa Rohulkudus seorang dapat memahami dan menghayati Firman Tuhan (Roma8:1-17; Ikorintus.2:10-11;1 Yohanes.4:1). Penghayatan tentang Firman Tuhan akan Memberikan buah dalam kehidupan sehari-hari (Galatia.5:21;Yakobus.2:14-16)

Pasal 2
Allah

a. Allah adalah yang menjadikan Langit dan Bumi dan segala isinya (Kej.1:1-31). Kita mengenal Allah melalui pemeliharaannya terhadap dunia dan kasihNya yang telah nyata dalam Tuhan Yesus Kristus (Yoh.3:16).

b.Yesus Kristus adalah Anak Allah yang Tunggal yang telah menyatakan pekerjaan Allah dan kehendakNya didalam dunia. Dialah yang menjadi penebus terhadap dosa kita melalui kematianNya, KebangkitanNya dan kenaikanNya ke Sorga.

c. Rohulkudus adalah Allah yang bekerja memimpin Gereja dan Orang-orang Kristen agar mereka tetap dalam pengajaran Yesus sampai kedatanganNya kembali.

d. Allah berkuasa memberikan anugrah kepada orang yang beriman dan Menghukum orang-orang jahat yang menentang Dia.

Tata Gereja GBKP Tahun 2005-2015 di Halaman 128.
Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP
Pasal 1
Allah

Allah adalah pencipta, pemelihara dan pengatur alam semesta dan isinya. Sehingga pengenalan anakNya, dengan bantuan Roh Kudus, adalah melalui ciptaannNya dan Alkitab yang berpusat pada kesaksian kasihNya dalam Yesus Kristus.

Pasal 3
Alkitab

a. Alkitab adalah salah satu bentuk dari kumpulan kesaksian tentang Allah yang Kontekstual yang dituliskan dengan bantuan Roh Kudus, dalam kumpulan tulisan yang dinamakan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

b. Inti kesaksian Alkitab adalah Kasih Allah yng tidak berkesudahan yang dimulai sejak di awal penciptaan Dunia hingga kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan kedatangan Yesus kelak. Oleh karena itu, dengan bantuan Roh Kudus, Alkitab haruslah difungsikan sebagai dasar kehidupan Gereja, teologia dan manusia yang menyebut dirinya kristen. (Yoh.1:1-14;Fil.2:6-11)

Pertanyanan Saya adalah Mohon Penjelasan Tata Gereja GBKP 2005-2015 halaman 128 :

Pengakuan Dasar (Konfesi) GBKP.

Pasal 3 tentang AlKITAB yang berbunyi: a. Alkitab adalah salah satu bentuk dari kumpulan kesaksian tentang Allah yang kontekstual yang dituliskan dengan bantuan Roh Kudus, dalam Kumpulan tulisan yang dinamakan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
Terus terang Saya kurang mengerti maksudnya kalimat ini : Alkitab adalah salah satu bentuk dari dst.......................................................................................................

Mohon di jelaskan secara rinci apakah ini Salah Cetak, atau memang begitu adanya biar Saya mengerti dan Paham bahwa Alkitab hanya salah satu bentuk kumpulan kesaksian tentang Allah. Sementara di Tata Gereja tahun 1995-2005 Berbunyi : Pasal 1 Poin a : Alkitab adalah Firman Allah yang tertulis dalam Perjanjian Lama dan Baru dan oleh karena itu Alkitab adalah Dasar kehidupan Gereja dan Orang-orang Kristen.


NB : Saya hanya mengusulkan Konfesi atau Pengakuan Dasar GBKP tahun 2005-2015.
Agar di kembalikan ke Tata Gereja Tahun 1995-2005.


Pdt Masada Sinukaban
KESAKTIAN PEDULI GENERASI INDONESIA.
Tuhan Yesus Memberkati























Tidak ada komentar: