Selasa, 08 Desember 2009

Perayaan NATAL Permata SALATIGA Berlangsung Secara Sedehana Dan Penuh Pesan Moral??
Pada tanggal 7 Desember 2009 lalu, Permata sektor Salatiga Jawa Tengah mengadakan Perayaan Natal di rumah Pdt Masada Sinukaban tepatnya di Perumahan Domas Blok JU 4 Rt 03 Salatiga. Tema Yang diangkat oleh panitia Natal adalah : KASIH YANG MENYATUKAN. Bahan Kotbah diambil dari : Kolose 3 : 12-17. Pengkotbah pada perayaan Natal tersebut adalah Pdt Mikael dari Gereja Kristen Nazarene Kadipiro Jawa Tengah (salah satu Desa di pinggiran Salatiga, tepatnya di Kabupeten Semarang).
Pada Perayaan Natal tersebut, Pdt Mikael menekankan agar memaknai NATAL ini sebagai “Kesederhanaan dan Kepedulian” terutama kepada Orang-orang yang ada di sekeliling kita, mereka yang Miskin, lapar serta yang membutuhkan pertolongan. Belajar dari teladan Tuhan Yesus yang sangat Peduli dan Sederhana. Pdt ini bercerita bagaimana dia juga banyak membantu pembuatan jalan di desanya sehingga Penduduk desanya yang selama ini menolak kehadiran Pdt dan pelayanannya, berbalik menjadi menerima dan menjadikan Pdt Mikael ini menjadi salah satu tokoh masyarakat desa tersebut.
Hal ini terbukti dalam malam perenungan hari kemerdekaan 17 Agustus di desanya, Pdt Mikael di minta untuk melakukan “kotbah perenungan” di hari Perayaan tersebut. Luar biasa. Dari dia ditolak sampai menjadi tokoh masyarakat. Beliau bersaksi, itulah kalau kita mau peduli dan turun langsung untuk memperhatikan dan membantu sekeliling kita. Hasilnya sangat luarbiasa. Bukan hanya teori saja yang kita kotbahkan di Mimbar! Tapi Kasih yang kita terjemahkan dalam Tindakan nyata! Dalam Natal ini, hadir juga Pdt Matias, Pdt Enda Tarigan, Pak Lingga, Pak Kembaren dan Pak Gurusinga sebagai Orang Tua Para Mahasiswa-I Karo yang berada di Salatiga. Jumlah yang hadir 30 Orang. Selesai Ibadah Natal, ada acara Tukar-menukar Kado diantara para Permata atau Mahasiswa-i. Ibadah yang dimulai pukul 16.00 sore dan berakhir pada pukul 17.30. Kemudian di lanjutkan acara ramah-tamah dengan Orangtua dan penyerahan Bingkisan kepada Pdt Masada Sinukaban yang menjadi Penasehat Permata Salatiga.
Natal ini sangat sederhana akan tetapi sangat bermakna, tahun lalu Permata Salatiga Tidak mengadakan Natal karena kesibukan Para Permata dan Mahasiswa/i. Tahun ini di lakukan meskipun dengan sangat sederhana. Yang menarik, Panitia Natal Permata Salatiga ini Menggalang Dana untuk menyumbang ke Panti Asuhan, Penyandang Cacat dan membantu dana untuk Pdt Rudi Elsino Surbakti yang sakit Tumor Ganas.
Luar biasa Kepedulian Permata Salatiga ini, tahun sebelumnya Permata Salatiga ini Juga pernah mengadakan Aksi Ke Panti Rehabilitasi AIDS dan Narkoba Rumah Damai Gunung Pati Jawa Tengah, aksi Ke Panti Asuhan Terang Anak bangsa. Kami juga mengharapkan Agar kegiatan Natal dengan Tema-tema Kepedulian ini hendaknya selalu dilakukan bukan hanya oleh Permata Salatiga, akan tetapi oleh Kita Bersama. Itulah Natal yang sesungguhnya, bukan semata-mata hanya perayaan saja, tapi Kepedulian yang nyata terhadap sesama manusia yang membutuhkan! Selamat Natal 25-26 Desember 2009 dan Selamat Tahun Baru 1 Januari 2010. Tuhan Yesus Memberkati!
Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat, Yaitu KRISTUS, TUHAN Di Kota Daud. Lukas 12:11
Penulis. Pdt Masada Sinukaban

Ramalan Kiamat 2012
Dan Badai Matahari, Kenapa Takut??
(Ramalan Kiamat 2012 Suku Maya Ini, Tidak Usah Di Percaya, Bacalah Alkitab : Firman TUHAN Yang Adalah Sumber Kehidupan)
Dalam sebuah Kebaktian Minggu, ada seorang Pendeta yang berkotbah tentang Informasi adanya isu-isu di internet bahwa menurut suku Maya Kuno akan terjadi Kiamat pada tahun 2012. Tepatnya 21 Desember 2012.
Tahun 2012 tiba-tiba menjadi angka menakjubkan, setelah para ilmuwan dan penulis belakangan ini mengungkapkan ramalan bangsa Maya kuno tentang akhir zaman yang jatuh pada 21 Desember 2012, akhir siklus kalender bangsa itu.
Didalam majalah tempo edisi Agustus 2009 di sebutkan oleh para ahli Astronomi atau para “Pakar Ilmu Pengetahuan” mengatakan, apa yang di isukan di internet dan apa yang saat ini sering kita dengar mengenai akhir Zaman atau Kiamat di tahun 2012 adalah isapan jempol semata. Para ahli itu berkata, bahwa dasar argumentasi mereka sangat tidak kuat. Mereka mengatakan bahwa kemunculan ”Badai Matahari” pada tahun tersebut adalah hal yang biasa terjadi. Badai itu disebabkan oleh “Flare” atau “Ledakan di Atmosfer Matahari” yang melontarkan “Partikel Atomic” yang menyerupai “Jilatan Api” dan mengandung medan magnet. Bila sampai ke Bumi, pancaran partikel ini dapat mempengaruhi medan magnet bumi dan mengganggu frekwensi radio. Itu saja.
Menurut perhitungan mereka, besar badai itu akan bertambah saat Matahari mencapai siklus maksimumnya, yang diperkirakan akan terjadi pada 2012. Sahihkah argumen itu? Thomas Djamaluddin, peneliti utama astronomi dan astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, menilai pengaitan “Kiamat” pada tahun tersebut dengan “Badai Matahari” tidaklah berdasar. Pasalnya, dari segi ilmiah, sudah banyak ilmuwan yang merontokkan teori kiamat 2012. David Stuart, sejarawan dari University of Texas at Austin, menyatakan suku Maya Tak menyebut 21 Desember 2012 itu sebagai akhir Dunia, tapi akhir siklus penanggalan. Artinya setelah tanggal itu, kalender dimulai dari nol lagi. Tak ada hubungannya dengan “Kehancuran Bumi”. Nah, kalaupun ada Film yang sengaja menghubungkan ramalan Suku Maya ini dengan Badai Matahari yang akan terjadi pada tahun 2012-2013, saya pikir hal itu hanya Rekayasa skenario dan sang Sutradara yang sengaja mendramatisir agar Filmnya menarik, sehingga ditonton oleh orang banyak. Ini hanyalah penyelewengan penafsiran saja, bahasa kami “Strategi Bisnis Perfileman” untuk meraup keuntungan! (Tempo, 29 Nov 2009, hal 90). Badai Matahari itu, merupakan “peristiwa biasa” yang memiliki siklus sebelas tahun. Perulangan terjadi pada 2012-2013 nanti karena ada “pengulangan siklus”.
Akhir zaman atau kiamat ini, memang selalu menarik atau relevan di perbincangkan di sepanjang waktu.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sejak zaman dahulu masalah akhir zaman atau kiamat ini selalu saja mejadi berita yang hangat. Tahun 1980an di luarnegeri sana, ada sekelompok orang yang menamakan dirinya “Sekte Akhir Zaman” dengan pemimpinnya yang bernama David Kores. Mereka pergi kepuncak pegunungan atau perbukitan menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Mereka berkeyakinan bahwa pada saat waktu yang mereka yakinilah Tuhan akan datang.
Apa yang terjadi? Tuhan Yesus tidak datang pada waktu yang mereka tentukan. Pada akhirnya mereka melakukan “bunuh diri bersama atau bunuh diri massal”.
Pada tahun 2000an lalu, ada juga seorang Pendeta yang bernama Mangapin Sibuea yang mengklaim dirinya adalah utusan Tuhan untuk menyampaikan brita tentang “Akhir Zaman”. Ada ribuan orang yang mau menjadi pengikut Pdt Mangapin Sibuea. Mereka juga melakukan hal yang sama dengan David Kores. Mereka menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali di sebuah tempat sambil bernyanyi, berdoa dan berpuasa. Para pengikut Pdt tersebut menjual seluruh harta bendanya untuk mengikuti perintah Pdt Mangapin. Bedanya, Pdt Mangapin dan pengikutnya tidak bunuh diri seperti David Kores dan para pengikutnya, walaupun Tuhan Yesus tidak jadi datang seperti waktu yang telah mereka tentukan
Penulis berkeyakinan, akhir zaman atau kiamat itu tidak bisa di ketahui oleh siapapun. Apakah hari, tanggal, bulan, tahun bahkan jamnya. Tidak ada seorangpun manusia yang ada di Bumi ini mengetahuinya. Hal itu menjadi rahasia Tuhan. Alkitab yang adalah Firman TUHAN sangat jelas berkata : “Tetapi Tentang Hari Dan Saat Itu Tidak Seorangpun Yang Tahu, Malaikat-malaikat Sorga Tidak Dan ANAKpun Tidak, Hanya BAPA Sendiri” Matius 24 : 36.
Kiamat atau akhir zaman kita tidak tahu kapan waktunya atau kapan datangnya. Karena Itu Berjaga-jagalah, Sebab Kamu Tidak Tahu Pada Hari Mana TUHANmu Datang. Matius 24: 42 Bdk Matius 24 : 44. Kiamat atau akhir zaman itu pasti akan terjadi pada saatnya kelak. Yang terpenting adalah kesiapan kita secara pribadi, kapan saja hal itu terjadi tidak masalah, hari ini, besok atau lusa. Kita harus senantiasa siap sedia!
Benarlah yang dikatakan Injil bahwa Dia datang seperti pencuri di malam hari. Tidak ada yang tahu. Pada saat yang tidak di sangka-sangka! Yang pasti adalah bahwa “Dia adalah Alfa dan Omega yaitu yang Awal dan yang Akhir”. Bdk Wahyu 22:13
Tuhan Yesus Memberkati!!!
Penulis Pdt Masada Sinukaban
Kesaktian Peduli Generasi Indonesia Salatiga

Tidak ada komentar: